Program loyalitas pelanggan digunakan entitas untuk menyediakan insentif kepada pelanggan untuk membeli barang atau jasa mereka. Jika pelanggan membeli barang atau jasa, entitas akan memberikan poin penghargaan kepada pelanggan (seringkali dideskripsikan sebagai “poin”). Pelanggan dapat menukar kredit penghargaan tersebut dengan barang atau jasa secara gratis atau dengan potongan harga.
Interpretasi ini berlaku untuk poin penghargaan loyalitas pelanggan yang:
- entitas memberikan kepada pelanggannya sebagai bagian dari transaksi penjualan, yaitu penjualan barang, pemberian jasa atau penggunaan aset entitas oleh pelanggan, dan
- bergantung pada pemenuhan terhadap setiap kondisi lebih lanjut yang dipersyaratkan, pelanggan dapat menukar barang atau jasa secara gratis atau dengan potongan harga di masa depan.
Entitas menerapkan PSAK 23: Pendapatan paragraf 13 dan mencatat poin penghargaan sebagai komponen yang diidentifikasikan secara tersendiri dari transaksi penjualan pada saat diberikan (“penjualan awal”). Imbalan yang dialokasikan pada poin penghargaan diukur dengan mengacu pada nilai wajarnya.
Entitas menerapkan Interpretasi ini untuk periode tahun buku yang dimulai pada atau setelah tanggal 1 Januari 2011. Entitas menerapkan penyesuaian atas paragraf 06, PP01, PP02, dan PP03 secara prospektif untuk periode tahun buku yang dimulai pada atau setelah tanggal 1 Januari 2015.
Untuk ISAK Terkait silahkan download pada link dibawah ini :
No comments:
Post a Comment